Wisata, Hidupi Masyarakat Kelurahan Bunaken

Ditulis 15 Okt 2015 | 10:45:01
Wisata, Hidupi Masyarakat Kelurahan Bunaken
Taman Laut Bunaken (foto : dok)

Manado (IndiTOURIST) – Hampir 85% warga kelurahan Bunaken Kota Manado Propinsi Sulawesi Utara bergantung pada sektor pariwisata.  Hal ini dikatakan Camat Bunaken Kepulauan, Robert Dauhan.

"Sebagian besar warga di Bunaken menggantungkan mata pencahariaannya di sektor pariwisata," katanya.  Ia mengatakan ada tiga tempat di Bunaken yang menjadi pusat wisatanya yakni di Pantai Liang, Bunaken dan Pantai Panalisang.

"Di tempat-tempat tersebut masyarakat banyak melakukan aktivitas usahanya baik penginapan atau resort, outlet-outlet penjualan souvenir, makanan dan jasa lainnya," jelas dia.

Robert berharap masyarakat di Bunaken dapat menjaga iklim yang baik sehingga sektor pariwisata akan terus berkembang dan mampu meningkatkan taraf hidup warga, juga peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Peter Jacobs mengatakan dengan kondisi saat ini yakni perlambatan ekonomi dan rupiah maka sektor pariwisata diyakini mampu bertahan dan meningkatkan perekonomian daerah.  "Kendati terjadi perlambatan secara global, namun melalui sektor pariwisata mampu meraup devisa yang lebih besar lagi," jelasnya.  Sehingga sinergitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat sangat diperlukan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Sulut.

"Pemerintah baik pusat maupun daerah harus memberikan porsi yang lebih besar terhadap alokasi dana baik APBN maupun APBD untuk mengembangkannya," jelas Peter. (rr/ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved