Wisata di Area Pertanian Terpadu Bukit Khayangan

Ditulis 07 Apr 2015 | 12:05:15
Wisata di Area Pertanian Terpadu Bukit Khayangan
Gapura Destinasi Wisata (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Provinsi Jambi memiliki banyak destinasi wisata dengan pemandangan nan indah.  Salah satunya adalah Bukit Khayangan. Perbukitan yang mengelilingi Gunung Kerinci ini terletak di Desa Renah Kayu Embum, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Bukit ini berada di ketinggian kurang lebih 1500 meter di atas permukaan laut dan secara geografis berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat.

Kawasan  Bukit Kahyangan merupakan kawasan  pertanian terpadu. Daerah ini dikenal  sebagai daerah penghasil  singkong, kopi dan kentang serta aneka sayur mayur. Menyadari potensi wisata Bukit Wisata, pemerintah setempat menambahkan lantai keramik dan menanam bunga-bunga hias.

Daya Tarik

Datanglah sepagi mungkin untuk melihat keindahan matahari terbit dari puncak Bukit Khayangan. Saat itu kemungkinan masih berkabut hingga Anda merasakan berada diatas awan. Sejauh mata memandang Anda akan melihat barisan pohon dan persawahan nan indah. Gunung Kerinci juga berdiri tegap dikejauhan.

Dengan membawa bekal dari rumah Anda bisa berpiknik bersama keluarga di sejuknya hawa pegunungan. Membersihkan paru-paru dengan udara segar dan menghabiskan waktu bersama orang terkasih. Ada sebuah Pondok bertiang besi dan beratapkan seng sebagai tempat pelancong untuk memandang, sebuah pos penjagaan berukuran 1.5×1.5m dan sebuah bangunan besar bertingkat dua.

Pencinta fotografi tidak akan kehabisan objek untuk diabadikan di daerah ini. Anda bisa memotret danau kerinci dan gunung kerinci secara jelas.

Transportasi

Dari kota Jambi Anda berangkat menuju Kota Sungai Penuh yang berjarak 16 kilometer. Anda bisa menggunakan travel atau menyewa mobil. Dari Jambi tersedia bus yang mengantar penumpang sampai Kabupaten Kerinci. Dari Sungai Penuh tidak ada transportasi umum ke bukit khayangan. Pilihan terbaik adalah menggunakan ojek atau menyewa mobil.

Akomodasi

Sampai saat ini belum ada hotel berbintang. Anda bisa menemukan beberapa hotel kelas melati di Sungai Penuh. Range harga rata-rata hotel Melati sekitar Rp 100 ribu semalam.

Kuliner

Sayang jika Anda melewatkan mencicipi gulai Ikan Semah, ikan endemik yang menjadi penghuni danau Kerinci. Ikan ini bertekstur kenyal dan padat ditambah gulai yang pedas gurih menjadikannya hidangan favorit bagi semua kalangan.

Tips

Untuk memasuki kawasan bukit Anda akan dikenai biaya Rp 3000 per orang belum termasuk biaya parkir. Saat liburan, bukit ini dipenuhi oleh pengunjung, jadi ada baiknya mencari waktu yang dikira sepi jika ingin merasakan keindahan bukit sepenuhnya.

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Jambi, danau Kerinci, Jambi Tourism, Danau Kerinci Tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved