Ditegaskan Sandi, jadi wisata sejarah untuk Candi Muaro Jambi

Ditulis 08 Mar 2022 | 06:21:11
Ditegaskan Sandi, jadi wisata sejarah untuk Candi Muaro Jambi

Jambi (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno memastikan kawasan percandian Muaro Jambi menjadi wisata berbasis sejarah di Indonesia.

"Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat dan dari lintas kementerian, Candi Muaro Jambi akan menjadi pemikiran pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi wisata berbasis sejarah," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menjelaskan saat ini Candi Borobudur merupakan wisata super prioritas yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Pusat, yang uniknya mempunyai jejak peradaban yang bermula dari Candi Muaro Jambi.

Dengan demikian, lanjut dia, pengembangan kawasan Candi Borobudur akan dilakukan secara satu kesatuan dengan komplek percandian Muaro Jambi.

Komplek Percandian Muaro Jambi memiliki sejarah institusi pendidikan tertua di dunia, dengan komplek percandian tersebut merupakan institusi pendidikan berbasis pendidikan tinggi yang menghasilkan kreativitas dan inovasi.

"Kami ingin mengembangkan jejak tentang peradaban yang sebetulnya menjadi pengembangan super prioritas Candi Borobudur yang ternyata jejak peradabannya itu ada di Candi Muaro Jambi," kata Sandiaga Uno.

Dengan adanya kepastian Candi Muaro Jambi sebagai destinasi wisata berbasis edukasi, Sandiaga Uno berharap dapat meningkatkan penjualan dari produk-produk ekonomi kreatif di Provinsi Jambi.

"Jambi memiliki produk-produk ekonomi kreatif berkelas dunia, seperti teh Kerinci yang diminum oleh Ratu Elizabeth (Inggris), harapannya ini akan mengembangkan ekonomi kreatif di Jambi," katanya. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Wisata Jambi, danau Kerinci, Jambi Tourism, Danau Kerinci Tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved