Yakin tingkatkan perekonomian, Balon Cagub janji kembangkan pariwisata

Ditulis 12 Feb 2018 | 07:39:31
Yakin tingkatkan perekonomian, Balon Cagub janji kembangkan pariwisata
Maskot Surabaya (dok)

Kediri (IndiTOURIST) - Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berjanji akan mengembangkan pariwisata di Jatim, dengan harapan roda perekonomian masyarakat juga bisa terus bergerak.

"Kami berkeyakinan pariwisata menjadi jalan menyejahterakan masyarakat. Tapi ada syaratnya. Apa itu ? Pariwisata yang dikembangkan harus berbasis masyarakat, `Society based tourism`," katanya.

Ia mengatakan, pariwisata yang berbasis masyarakat, bisa menjadikan rakyat sebagai subyek pengembangan pariwisata. Semua program dijalankan semata-mata untuk masyarakat.

"Kelompok warga diberdayakan, sehingga bisa mengelola potensi destinasi di sekitarnya menjadi lebih baik, dengan kemasan atraksi wisata yang diminati wisatawan sehingga memberi pemasukan ke warga. Rakyat diberdayakan, dilatih kelola `Homestay`, dilatih bahasa asing, dilatih usaha kuliner, dan sebagainya," ujar dia.

Puti menambahkan, ke depan sudah menyiapkan program yang sudah disiapkan untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Jatim. Program ini melibatkan penggerak kelompok sadar wisata (pokdarwis), akademisi, dan berbagai elemen lainnya untuk melahirkan desa-desa wisata unggulan.

"Intinya kami membuat ini terintegrasi, termasuk infrastruktur kami benahi total. Ada target di pemerintahan Gus Ipul dan Puti ke depan bahwa konsep ini akan membuka lapangan kerja bagi ratusan ribu warga di sekitar destinasi. Kami optimistis, karena Jatim kaya destinasi wisata alam, budaya, dan wisata buatan yang keren," ujar Puti.

Lebih lanjut, Puti juga mengatakan sudah menyiapkan pengelolaan wisata berkonsep digital. "Jadi dalam konsep `Society based tourism` itu, salah satu contohnya, menghubungkan `Homestay-homestay` rakyat ke `Marketplace` akomodasi wisata kelas dunia, jadi turis dengan mudah mengaksesnya, karena kami punya target mendatangkan 1 juta turis asing dalam dua tahun," kata dia menjelaskan.

Puti berkunjung ke sejumlah lokasi di Kabupaten Kediri, pada Jumat-Minggu (9-11/2). Lokasi yang dituju misalnya di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Puti menyapa warga dan dialog dengan mereka. Warga juga sangat antusias.

Dalam diskusi tersebut, Puti menyemangati warga untuk terus berinovasi. Contohnya, bisa dikembangkan "Agrotourism" dengan memanfaatkan komoditas seperti nanas di lereng Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut).

Berbagai produk turunan nanas bisa dihasilkan warga untuk oleh-oleh wisatawan serta menjalankan paket wisata di lahan nanas.

Selain itu, Puti juga mengadakan rapat dengan seluruh kader PDIP untuk membahas pilkada. Puti juga berkunjung ke sejumlah UMKM di Kabupaten Kediri, hingga rencana akan ikut kegiatan senam dalam acara "Car free day" di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. (ak/Ant)

Komentar
Smartfren Unlimited 4G
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata NTT, wisata pulau komodo, tour de Timor
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved